Pengantar Ilmu Ekonomi

Nah kali ini saya mencoba memposting rangkuman materi mata kuliah pengantar ilmu ekonomi, insya Allah semua materi ini akan menjadi bahan ujian mid semester hari ini ( 22 april 2009 ). materi ini saya pinjam dari anak angkatan 2008, ehm namanya safira ( hehehe, coz gak punya catatan ). thanks buat safira semoga mendapat balasan dari ALLAh swt. Berikut ini rangkuman materi yang alhamdulillah berkat rahmat Allah SWT berhasil saya hafal dari pukul 3 pagi ampe ba'da shubuh pagi ini, akhir kata semoga bermanfaat buat rekan - rekan semua. oya maaf materi ini baru 80 % karena masalah waktu. Insya Allah akan segera saya lengkapi

PENGANTAR ILMU EKONOMI :
materi mid semester genap 22 April 2009 oleh Ade Rafiansyah, Amd

Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang alokasi sumber daya secara optimal untuk mencapai kemakmuran rakyat atau masyarakat.
Alokasi Sumber daya ekonomi antara Rumah tangga konsumen dan Produsen :
1.RT Konsumen memberikan faktor - faktor produksi ( tenaga kerja, dll ) sebagai input bagi RT Produsen. oleh RT produsen akan di olah dan menghasilkan produk barang / jasa yang dibutuhkan oleh RT konsumen.
2.RT Produsen memberikan Upah, Gaji , pendapatan kepada RT KOnsumen yang oleh RT konsumen dibelanjakan untuk mendapatkan Barang / jasa yang dibutuhkan pada RT Produsen.
Teori ekonomi dibagi menjadi :
1.Teori ekonomi mikro yaitu teori ekonomi yang mempelajari tentang variabel – variabel ekonomi beserta hubungannya secara individual seperti : teori penawaran produsen, permintaan konsumen, teori biayadan produksi.
2.Teori ekonomi makro yaitu teori ekonomi yang mempelajari tentang variabel – variabel ekonomi beserta hubungannya secara agregat atau menyeluruh, seperti : penawaran dan permintaan agregat, pendapatan nasional, dll.
Jadi teori ekonomi mikro merupakan teori disagregasi dari ekonomi makro
Homo Economicus merupakan anggapan bahwa manusia merupakan mahluk ekonomi, artinya manusia menjalankan prinsip ekonomi.
Prinsip ekonomi merupakan konsep yang menyatakan bahwa dengan sumber daya yang terbatas diupayakan untuk menghasilkan hasil yang semaksimal mungkin.
Liberalisasi yaitu paham yang menyatakan bahwa manusia harus diberikan kebebasan ( berpendapat, berkumpul ,bekerja ) dan menguasai sumber daya ( kapital ).
Kapitalisme merupakan paham yang menyatakan bahwa manusia harus diberikan hak penuh untuk mengelola sumber daya ( kapital ) dan diberikan kesempatan untuk mengembangkan sumber daya tersebut hingga menjadi besar.
Pasar yaitu tempat bertemunya penawaran dan permintaan terhadap suatu barang atau produk.
Fungsi pasar yaitu :
1.memberikan nilai
2.mengorganisir produksi
3.mendistribusikan produk
4.melakukan penjatahan
5.menyediakan produk untuk masa yang akan datang
Struktur pasar dibagi menjadi :
1.Pasar persaingan sempurna
yaitu struktur pasar dimana terdapat penjual dan pembeli dalam jumlah yang besar dengan memperjual belikan barang yang homogen serta penjual dan pembeli tidak memiliki kekuasaan untuk mempengaruhi harga pasar.
Ciri – ciri :
1.terdapat banyak penjual dan pembeli
2.barang yang diperjual belikan bersifat homogen
3.adanya kebebasan keluar dan masuk pasar
4.tidak adanya campur tangan pemerintah
5.penjual dan pembeli memiliki pengetahuan yang sempurna tentang pasar
6.perpindahan sempurna dari faktor – faktor produksi
7.maksimasi keuntungan
2.Pasar Persaingan monopolistik
yaitu pasar dimana asumsinya mutlak sama dengan pasar persaingan sempurna kecuali asumsi tentang produk yang heterogen
3.pasar monopoli
yaitu pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar dengan produk yang tidak memiliki subtitusi atau pengganti serta adanya hambatan bagi penjual baru untuk memasuki pasar. Hal ini dapat terjadi antara lain karena adanya hak paten yang dikeluarkan pemerintah, skala ekonomi ( economics skill ), penguasaan bahan baku.
4.Pasar Oligopoli
yaitu pasar dimana terdapat hanya beberapa penjual yang menguasai pasar baik secara independent ( sendiri – sendiri ) maupun secara diam – diam bekerja sama.
Ciri – ciri :
1.terdapat dalam jumlah sedikit penjual yang memiliki kekuatan pasar
2.adanya hambatan bagi penjual baru memasuki pasar
3.hanya terdapat beberapa penjual yang menguasai pasar
Permintaan yaitu sejumlah produk yang mampu dan rela dibeli oleh pembeli selama periode tertentu dan dalam kondisi tertentu
Hukum permintaan berbunyi “ jika harga suatu produk naik maka permintaan terhadap produk tersebut akan menurun “
Hubungan antara kondisi – kondisi tertentu dengan faktor – faktor permintaan :
1.Dengan harga produk berbanding terbalik, harga produk meningkat maka permintaan akan menurun.
2.Dengan Pengeluaran iklan ( advertensi ) berbanding lurus, peningkatan pengeluaran iklan maka peningkatan pula pada permintaan produk.
3.Dengan pendapatan konsumen berbanding lurus untuk produk yang normal dan berbanding terbalik untuk produk inferior.
4.Dengan ekspektasi ( anggapan ) tentang ketersediaan produk berbanding lurus dengan produk substitusi dan berbanding terbalik dengan produk komplementer.
5.Dengan ekspektasi harga produk dimasa yang akan datang berbanding lurus, perkiraan harga produk meningkat pada masa yang akan datang akan menyebabkan peningkatan permintaan pada periode tersebut.
6.Dengan ekspektasi pendapatan konsumen pada masa yang akan datang berbanding lurus, perkiraan pendapatan akan meningkat pada masa yang akan datang akan menyebabkan peningkatan jumlah permintaan pada periode tersebut.
7.Dengan selera konsumen berbanding lurus, peningkatan permintaan akan meningkat diakibatkan oleh meningkatnya selera konsumen.
8.Dengan Features ( aplikasi tambahan ) berbanding lurus.
Faktor - faktor tersebut sangat mempengaruhi permintaan terhadap suatu produk. Namun masih terdapat banyak faktor - faktor lainnya yang mempengaruhi.
Fungsi Permintaan :
Qx = 200 - 0,6 Px + 2A
Qx merupakan kuantitas permintaan produk x.
Px merupakan Jumlah Harga produk x.
A merupakan jumlah pengeluaran iklan untuk produk x.
Makna - 0,6 Px + 2A
- 0,6 Px artinya bahwa setiap peningkatan harga produk x sekian rupiah, maka akan terjadi penurunan permintaan untuk produk x sebesar 0,6 unit ( lihat hubungan harga produk dan permintaan diatas ).
+ 2A artinya bahwa setiap peningkatan pengeluaran biaya iklan untuk produk x sekian rupiah, maka akan terjadi peningkatan permintaan sebesar 2 unit ( lihat hubungan harga produk dan permintaan diatas ).

alhamdulillah barakallah, tulisan yang berwarna merah merupakan jawaban dari soal ujian mid mata kuliah ini. nilaiku berapa ya kalau gitu...hehehehe

3 komentar:

Anonim mengatakan...

yo makasih yo....

www.aderafiansyah.com mengatakan...

sama - sama

Ade Ridwan Nugraha mengatakan...

artikelnya bagus kak
mampir dulu ke blog ane http://indonugraha.blogspot.co.id/

Poskan Komentar

silahkan tinggalkan komentar anda pada artikel dan web ini,kami sangat menghargai jika anda menggunakan bahasa yang baik dan santun.....

Terimakasih atas kunjungannya ke blog ini, penting !!! , artikel - artikel keilmuan TI di dalam blog ini sebagian besar berasal dari diktat-diktat kuliah saya, saya berupaya mencantumkan sumber dari setiap artikel TI yang dimuat, mohon kerjasamanya dengan meninggalkan komentar jika menemukan artikel yang "textbook" alias "copas" yang tidak tertulis sumbernya ya .
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons