BISNIS BERMODAL KARTU KREDIT


Secara kebetulan waktu itu aku ada perlu ke kantor BCA di jalan majapahit Semarang untuk setor tunai pembayaran ke rekanan, suasana ATM setor tunai yang ramai memaksaku ntuk mengantri. Untung ruangannya adem banget dan pas sekali untuk cuaca Semarang yang panas pada siang hari itu. Nampak kesibukan pegawai bank BCA disana, beberapa terlihat pegawai muda yang sedang menawarkan sesuatu kepada beberapa pengantri di mesin ATM, " ah palingan kartu kredit , pikirku.

Mendengar kartu kredit mungkin beberapa orang diantara kita akan mengerenyitkan dahi, terbayang betapa tidak pentingnya kartu itu, terbayang betapa kartu itu menjadi sumber malapetaka keuangan bagi kita dankeluarga, belum lagi ditambah kisah – kisah menyedihkan customer yang mengalami kredit macet dan harus berurusan dengan yang namanya kolektor.!?, wes pokok e kartu kredit itu gak boleh ada dalam kamus hidup kita dech… J

Siapa menyangka dibalik sisi gelap kartu kredit itu ada sebuah celah yang luar biasa sangat bagus untuk dimanfaatkan walaupun tidak legal sepenuhnya, peluang ini sebenarnya udah lama dimanfaatkan oleh saudara – saudara kita busineesman keturunan Chinese. Adeku pernah bercerita bagaimana bosnya yang juragan resto memiliki banyak kartu kredit, aku lupa dia bilang setiap malam harus menggesek kartu itu dengan mesin edc ( mesin kartu kredit ), jumlahnya lebih dari satu, kalo tidak salah 20 hingga 30 kartu kredit..!?!? buat apa ya kira – kira ?

Nah, sampailah kita pada sebuah pertanyaan, apa dan bagaimana kartu kredit itu akan bermanfaat bagi bisnis kita ?, berikut ini aku rangkum beberapa fakta menarik tentang itu :

  1. Kartu kredit merupakan sumber modal yang sangat baik, karena kita bisa memperoleh uang tunai dalam tempo yang sangat cepat, tanpa survey yang bertele – tele dan tanpa jaminan kapanpun dimanapun sesuka hati kita.
  2. Pada dasarnya kartu kredit adalah alat pembayaran sementara dan non tunai untuk pembelian produk – produk tertentu, atau pembelian dengan cara kredit alias hutang. Lantas bagaimana caranya mendapatkan uang tunai , padahal kan kartu kredit hanya dipakai untuk membeli barang. GESTUN..!? pernah dengar gestu atau gesek tunai ?, ini adalah proses transaksi yang bisa dikatakan "illegal" yang "dilegalkan", cukup mendatangi merchant kartu kredit dan melakukan pembelian barang secara "virtual" biasanya furniture kita bis amembawa pulang uang tunai bukan bwa pulang furniturenya. Piye bingung ?, gini lho jadi kartu kreditnya itu kita gesek di tempat si empunya mesin dengan akad kita membeli barang "virtual" yang dia miliki, namun mereka tidak memberikan barang itu kepada kita melainkan mereka memberikan uang tunai kepada kita seharga barang " jadi-jadian" yang kita beli itu, tentu saja ada potongannya sebagai fee buat mereka, kisarannya bermacam – macam, kalo tidak salah 2 % dari total uang kita. CMIIW.. nah begitulah caranya kita bisa memperoleh uang tunai.
  3. Setelah dapat uang tunai, trus bagaimana supaya uang ini bisa kita gunakan tanpa resiko denda atas keterlambatan pembayaran??, caranya gampang banget. Milikilah minimal 2 kartu kredit, paling bagus 3 atau 4 kartu kredit. Seperti ini simulasinya, misalkan anda punya 3 kartu kredit, yaitu kartu BCA, BNI dan MANDIRI, masing – masing kartu punya plafon kredit 2 juta ( minimal ), sedangkan khusus mandiri paling bagus 4 juta. Oke kita mulai simulasinya : #1. Ambil uang 2 juta di BCA ( disini anda tidak terima 2 juta tetapi dipotong fee gestun sekitar 2 % ), gunakan itu untuk usaha. Dari uang 2 juta itu tadi anda akan dikenakan bunga sekitar 3 % setiap 40 hari,anggap saja 60 ribu setiap bulan. #2. Sebelum BCA jatuh tempo segera ambil uang di BNI,gunakan itu untuk menutup tagihan di BCA, begitu seterusnya hingga menjadi sebuah siklus rutin. Lantas apa gunanya kartu MANDIRI, kartu mandiri itu gunanya hanya sebagi pengaman saja apabila kartu BCA dan BNI anda macet, karena BCA dan BNI nilainya digabungkan jadi 4 juta, maka MANDIRI yang nilainya 4 juta itu tadi nanti bisa nutup BCA dan BNI yang macet. Beres !! dan jadikan itu siklus seperti itu tadi, hal ini berlaku juga untuk pola kartu kredit diatas 3 kartu, 4 atau 10 kartu polanya tetap sama.

Nah dari simulasi tersebut diatas, aku kembali teringat kepada cerita tentang bosnya adeku tadi yang punya puluhan kartu kredit, bisa dibayangkan berapa banyak uang yang dia putarkan untuk roda bisnisnya. Luar biasa…. Luar biasa berani dan penuh resiko jika tidak pandai – pandai dan tidak disiplin.

Lantas gimana tips aman penggunaan kartu kredit sebagai modal usaha ?, berikut ini tips yang aku dapatin dari seorang teman ( thx to pak win atas sharingnya tempo hari J ) :

  1. Gunakan kartu kredit hanya untuk usaha perputaran uang, ingat jangan gunakan sepeserpun untuk konsumsi, sekali terpakai untuk konsumsi maka seterusnya kan begitu.
  2. Ketatkan dan disiplinkan pembayaran tagihan pelanggan anda, karena kita bermain jadwal maka pastikan pelanggan anda tidak menangguhkan pembayaran karena resiko bagi anda kalau mereka telat membayar.
  3. Usahakan memiliki lebih dari 2 kartu kredit, dan jadikan kartu kredit yang terakhir sebagai pengaman, dan selayaknya kartu yang terakhir punya plafon yang paling tinggi.
  4. Untuk keamanan jangan mengambil 100 % dari plafon kartu kredit anda, ambillah sekitar 70 hingga 80 % saja, ini untuk jaga – jaga aja
  5. Paling penting anda harus sangat memahami term&cond layanan kartu kredit yang anda punya, berapa biaya administrasinya, kapan jatuh temponya dan ketentuan – ketentuan lainnya. Sekali lagi ingat kita bermain dengan jadwal pembayaran untuk menghindari resiko, jadi pahami dengan seksama.
  6. Pada saat pembayaran tagihan, bayarlah sepenuhnya bahkan 1 rupiah pun jangan sampai tersisa. Karena pernah kejadian bayar tagihan kartu kredit tidak tuntas dan bersisa beberapa rupiah, eh tau – taunya 10 tahun kemudia tagihan kartu kredit dating lagi dengan jumlah yang berkali – kali lipat ( maklum di kartu kredit bunga berbunga sistemnya ), jadi sampai bersih ya bayarnya
  7. Kalau mau apply kartu kredit, saran saya miliki BCA dulu, biasanya akan menjadi pertimbangan bagi bank lain jika anda adalah pemegang kartu BCA. Apply bareng – bareng 4 atau 5 bank sekaligus.
  8. Jangan lupa lho, gestu adalah proses yang tidak diperkenankan dalam perbankan, anda perlu banyak bergaul dengan sesame pengguna untuk mengetahui dimana merchant gestun yang aman dan murah

Sementara begitu dulu ya, ini cuman berbagi tips aja dan tidak bermaksud mendorong anda untuk memiliki banyak kartu kredit, karena bagaimanapun juga kredit = hutang, hutang= beban, beban=stress, stress bikin hidup tidak nyaman. Hehe

Cuman klo anda memang sudah punya nyali kenapa tidak…?? Apakah anda tidak bisa menghasilkan keuntungan minimal 60 ribu dari 2 juta rupiah sebulan dari kartu kredit anda..?? pasti bisa kalau anda punya bisnis yang baik dan sehat tentunya

Okey guys, semoga sukses berburu kartu kredit

salam

Ade Rafiansyah

9 komentar:

Steven mengatakan...

Rahasianya berarti yang penting kita harus disiplin dan tidak lupa dengan jadwal jatuh tempo dari semua kartu kredit yang kita punya hahaha

Miles Away mengatakan...

Info yg bermanfaat, terima kasih banyak. Tinggal bagaimana mengadu nyali dng resiko hutang kartu kredit yg tinggi.

www.aderafiansyah.com mengatakan...

iya betul banget gan, harus disiplin.. !? hehe

Anonim mengatakan...

kalo dengan 2 CC kita gestun bergantian maka yang dimaksud bunga yang dikenakan itu cuma bunga karena kita meng gestun semata khan mas, karena kita khan bayar lunas seriap CC tdk pernah sampe lebih dari jatuh tempo pembayaran masing CC,,, begitukah ??

jasa pembuatan website mengatakan...

Wow amazing mas artikelnya, menambah ilmu baru...
Oh iya saya mau tanya mas, bagaimana kalo kita putarkan untuk usaha kredit barang kembali? Kira2 brp persen bunga yang kita kenakan kepada konsumen kita..
Sekali lagi terimakasih banyak..

endro rukmono mengatakan...

Hi,berbagi info ,membangun income dengan kartu kredit melalui PayPal, MLM paling murah, www.jugebot.tk

Chivalrous Danger mengatakan...

izin nyimak aja gan thank"s jangan lupa cek di sini cara dapat income 25$ samapi 100$ perminggu

http://more.sh/100dollarperminggu SILAHKAN ADD FB SAYA THANK"s

indri yani mengatakan...

Numpang Ngelink Bos
http://huruftimbulgoodnews.blogspot.com/

Anita charles mengatakan...

Apakah Anda pernah mencari bantuan keuangan mendesak? Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk membayar tagihan dan utang yang ada? Anda mencari bisnis rumah dan pinjaman pribadi, hubungi kami sekarang dengan info di bawah ini.

Nama Anda:
negara:
Jumlah Pinjaman:
durasi:
pekerjaan:
Tujuan dari pinjaman?
Nomor Telepon:

Catatan: Semua tanggapan harus maju Hubungi kami sekarang melalui: anitacharlesloancompany@gmail.com Terima kasih sudah datang.

Poskan Komentar

silahkan tinggalkan komentar anda pada artikel dan web ini,kami sangat menghargai jika anda menggunakan bahasa yang baik dan santun.....

Terimakasih atas kunjungannya ke blog ini, penting !!! , artikel - artikel keilmuan TI di dalam blog ini sebagian besar berasal dari diktat-diktat kuliah saya, saya berupaya mencantumkan sumber dari setiap artikel TI yang dimuat, mohon kerjasamanya dengan meninggalkan komentar jika menemukan artikel yang "textbook" alias "copas" yang tidak tertulis sumbernya ya .
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons