Analisa Jabatan

ANALISA JABATAN
oleh : ade rafiansyah

Analisa Jabatan ( ANAJAB ) merupakan dasar dari hampir seluruh aktifitas kepersonaliaan. Analisa jabatan ialah proses pengumpulan informasi tentang suatu jabatan / pekerjaan serta syarat - syarat yang harus dipenuhi untuk mengampu jabatan / pekerjaan tersebut yang dilakukan secara sistematis untuk pengembangan organisasi.

Tahapan - tahapan Anajab :
  1. Persiapan.
    pada tahap persiapan ini identifikasi pekerjaan merupakan hal yang pertama kali dilakukan. Seorang analisator harus mengetahui apa dan bagaimana jabatan / pekerjaan yang akan di analisas olehnya.
  2. Pengumpulan Data.
    Pada tahap ini dilakukan pengambilan data terhadap jabatan / pekerjaan yang akan dianalisa. Adapun variable - vaeriable data yang diambil berdasarkan kepada jenis dan bentuk jabatan / pekerjaan yang sedang dianalisa.
  3. Klarifikasi Data.
    pada tahap ini data - data yang telah dikumpulkan diklarifikasi kembali dengan tujuan untuk memperoleh hasil Anajab yang benar.
Hasil yang di dapat dari kegiatan ini ialah :
  1. Job Description.
    uraian mengenai suatu jabatan, daftar tugas, tanggung jawab, wewenang, hubungan pelaporan, kondisi kerja, dan lain - lain dari suatu jabatan / pekerjaan.
  2. Job Spesification.
    uraian mengenai kumpulan syarat - syarat yang harus dipenuhi oleh pekerja / calon pekerja untuk memegang suatu jabatan / pekerjaan, meliputi pendidikan, keterampilan, pengalaman kerja, dan lain - lain
Kegiatan Yang terkait dengan Hasil - Hasil ANAJAB :
  1. Evaluasi.
    memberikan penilaian terhadap kinerja karyawan dengan cara merujuk kepada Job Description yang harus dipenuhi olehnya.
  2. Rekruitmen dan Seleksi.
    melakukan proses seleksi terhadap karyawan sebelum memegang suatu jabatan / pekerjaan dengan merujuk kepada Job Spesification yang harus dipenuhi olehnya.
semoga bermanfaat bagi sobat semua dan semoga Allah swt juga meridhoi ilmu ini untuk kita amalkan.amin...jazakillah khoiron katsir...

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan tinggalkan komentar anda pada artikel dan web ini,kami sangat menghargai jika anda menggunakan bahasa yang baik dan santun.....

Terimakasih atas kunjungannya ke blog ini, penting !!! , artikel - artikel keilmuan TI di dalam blog ini sebagian besar berasal dari diktat-diktat kuliah saya, saya berupaya mencantumkan sumber dari setiap artikel TI yang dimuat, mohon kerjasamanya dengan meninggalkan komentar jika menemukan artikel yang "textbook" alias "copas" yang tidak tertulis sumbernya ya .
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons