Mata Kuliah Manajemen Pemasaran

Segmentasi Pasar
oleh Ir. Eli Mas'idah, MT
Dosen Teknik Industri FTI Unissula Semarang

Segmentasi ialah pembagian pasar berdasarkan faktor - faktor tertentu, seperti ; demografis,geografis,psikografis dan prilaku
1. Segementasi pasar berdasarkan Demografis
ialah pengelompokan pasar berdasarkan variable - variable demografi, seperti;usia,jenis kelamin,siklus hidup keluarga,penghasilan, pekerjaan, agama , dll
2. Segmentasi pasar berdasarkan Psikografis
ialah pengelompokan pasar berdasarkan variable - variable psikografis, seperti; strata sosial, gaya hidup,kepribadian, religiusitas.
3. Segmentasi pasar berdasarkan geografis
ialah pengelompokan pasar berdasarkan letak dan keadaan lingkungan tempat tinggal
4. segmentasi berdasarakan prilaku
ialah pengelompokan pasar berdasarkan prilakunya terhadap produk organisasi seperti tingkat perhatian terhadap barang dan jasa yang ditawarkan, status penggunaaan produk ( pernah / belum )

Keuntungan segementasi ialah :
1. Mendesain produk - produk untuk lebih responsif terhadap pasar
2. Sebagai bahan untuk menganalisa keadaan pasar.
3. menemukan peluang
4. menguasai positioning yang kompetitif
5.menenukan strategi yang efektif dan efisien.

Semoga bermanfaat buat sobat semua dan semoga Allah swt juga meridhoi ilmu ini untuk kita amalkan bersama,amien...jazakillah khoiron katsir.
www.aderafiansyah.co.cc

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan tinggalkan komentar anda pada artikel dan web ini,kami sangat menghargai jika anda menggunakan bahasa yang baik dan santun.....

Terimakasih atas kunjungannya ke blog ini, penting !!! , artikel - artikel keilmuan TI di dalam blog ini sebagian besar berasal dari diktat-diktat kuliah saya, saya berupaya mencantumkan sumber dari setiap artikel TI yang dimuat, mohon kerjasamanya dengan meninggalkan komentar jika menemukan artikel yang "textbook" alias "copas" yang tidak tertulis sumbernya ya .
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons