think of industrial engineering, it's all about industrial engineering

Engineering Tools

Mata Kuliah Manajemen Pemasaran


Konsep - Konsep Pemasaran
oleh Ir. Eli Mas'idah, MT
Dosen Teknik Industri FTI Unissula Semarang

Sebelum melaksanakan kegiatan pemasaran terhadap suatu produk barang atau jasa, maka terlebih dahulu perlu ditetapkan konsep - konsep pemasaran yang akan dilaksanakan agar kegiatan pemasaran berhasil sesuai dengan target dan tujuan yang diinginkan, adapun diantaranya ialah:
1.Konsep berwawasan produksi
Berpendapat bahwa komsumen akan memilih produk yang murah didapat dan murah harganya,sehingga manager produksi akan memusatkan perhatiannya agar kegiatan produksi dapat dilaksanakan seefisien mungkin.
contohnya ialah pada pemasaran produk kebutuhan rumah tangga seperti sembako dan mie instan.
2. Konsep berwawasan produk
Berpendapat bahwa konsumen akan memilih produk yang menawarkan mutu dan kinerja terbaik serta hal - hal inovatif lainnya, sehingga manager akan memusatkan perhatiannya pada pembuatan produk yang memiliki kinerja dan kualitas terbaik, serta selalu melakukan pemantauan melalui Quality control.
Contohnya ialah produk - produk automotif dan elektronika.
3. Konsep berwawasan menjual
Berpendapat bahwa jika dibiarkan saja, konsumen tidak akan melalukan pembelian pada produk organisasi dalam jumlah yang cukup, sehingga organisasi perlu melakukan usaha penjualan melalui promosi yang agresif.
contoh : produk kecantikan dan produk keluaran terbaru
4. Konsep berwawasan pemasaran
Berpendapat bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diinginkan secara efektif dan efisien dibandingkan dengan saingannya.
Contoh : produk - produk telekomunikasi dan transportasi
5. Konsep berwawasan pemasaran bermasyarakat
Berpendapat bahwa tugas perusahaan adalah menentukan kebutuhan, keinginan serta kepentingan pasar sasaran dan memenuhinya secara efektif dan efisien daripada saingannya dengan cara mempertahankan dan meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat sekitar.
Contoh : perusahaan rokok djarum yang banyak melaksanakan program - program beasiswa.


Semoga bermanfaat buat sobat semua dan semoga Allah swt juga meridhoi ilmu ini untuk kita amalkan bersama,amien...jazakillah khoiron katsir.
www.aderafiansyah.co.cc

0 Comments:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar anda pada artikel dan web ini,kami sangat menghargai jika anda menggunakan bahasa yang baik dan santun.....