Tips dan Trik Memilih Perguruan Tinggi

TIPS DAN TRIK MEMILIH PERGURUAN TINGGI

by : ade rafiansyah

Menjadi sebuah fenomena saat ini, dimana ketika seorang siswa SMA melepas seragam abu – abunya dan siap - siap beralih ke jaket mahasiswa, merasa bingung untuk menentukan jurusan dan perguruan tinggi ( PT ) yang harus dipilih ketika akan menjadi seorang Agent of change ( sebutan populer untuk mahasiswa ). Tidak jarang kita temui mahasiswa yang drop out atau berhenti kuliah karena salah strategi awal dalam memilih jurusan studi dan PT tempat kuliah. Oleh karena itu berikut ini tips dan trick singkat bagaimana memilih jurusan studi dan perguruan tinggi :

1.Tentukan Tujuan

Tujuan yang dimaksud ialah tujuan anda untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi ( baca : kuliah ). Jangan sampai anda tidak memiliki tujuan, karena sesuatu tanpa tujuan yang jelas akan berdampak buruk bagi anda. Beragam tujuan untuk kuliah, mulai dari pencarian status belaka, Mencari prestige karena kuliah di Perguruan Tinggi Favorit Indonesia, menyenangkan orang tua, mengembangkan kemampuan di bidang tertentu, dan yang paling umum kuliah ialah jembatan untuk mendapatkan pekerjaan. Orang yang memiliki tujuan yang jelas dan baik akan mudah untuk merencanakan dan mengontrol jalan studinya. Jadi pastikan anda memiliki tujuan yang jelas dan baik karena ini merupakan titik awal keberhasilan anda. Jadi kalau diibaratkan permainan sepak bola, anda harus memiliki gawang yang menjadi tujuan dari permainan ini, bayangkan jika tanpa gawang bagaimana jadinya permainan sepak bola itu.

2.Pertimbangkan kemampuan otak anda

Artinya pastikan jurusan yang anda pilih sesuai dengan kemampuan otak anda. Jangan memaksakan diri dalam memilih jurusan yang tidak sesuai dengan kemampuan otak anda karena itu akan menjadi boomerang dan penghambat bagi anda meraih kesuksesan dalam pendidikan di PT. Banyak mahasiswa yang berpindah – pindah jurusan karena merasa tidak mampu mengikuti pelajaran di jurusan tersebut, tentu saja ini tidak efektif dan efisien, anda akan rugi waktu dan biaya jika hal ini terjadi. Oleh karena itu ukurlah kemampuan anda. Cara yang paling mudah ialah dengan memperhatikan nilai – nilai yang tertera di rapor anda sejak sekolah dasar sekalipun, kenalilah kemampuan, minat dan bakat anda disana. Bagaimanapun juga akan lebih mudah bagi anda mengerjakan sesuatu yang benar – benar anda kuasai. Jika anda lemah dalam hal eksak jangan memilih jurusan keteknikan tentunya, begitu pula sebaliknya jika anda lemah dalam materi hafalan janganlah memilih jurusan Ilmu Pemerintahan sebagai misal.

3.Pertimbangkan kemampuan Finansial

Hal ini penting sebab tidak sedikit mahasiswa yang drop out karena kehabisan bahan bakar ( baca : dana ) di tengah jalan. Hal ini harus dihindari, oleh karena itu kenali dan rencanakan sumber keuangan anda dengan cermat. Orang tua, kerabat, orang tua asuh, tabungan dan beasiswa merupakan sumber – sumber biaya kuliah pada umumnya. Pastikan semua biaya yang ada menjamin pembiayaan anda sampai lulus kuliah nantinya. Jangan terapkan teori gambling atau spekulasi dalam hal ini, karena itu justru akan mempengaruhi konsentrasi belajar anda di kampus, anda akan menjadi was – was ketika anda tidak memiliki kepastian pembiayaan. Bekerja part time atau berwirausaha sambil kuliah juga bisa menjadi pertimbangan dan nilai plus bagi anda. Jadi pastikan anda memiliki sumber dana yang memadai sebelum anda memutuskan untuk melanjutkan pendidikan.

4.Carilah Perguruan Tinggi yang biayanya sesuai dengan kemampuan finansial anda

Mungkin sebagian dari anda sudah punya Perguruan Tinggi Idaman, namun apapun itu carilah kampus yang memiliki biaya kuliah yang sesuai dengan kocek anda. Jangan memilih kuliah di kampus anak pejabat jika kemampuan finansial anda kurang memadai untuk itu. Tidak ada salahnya anda bertanya – tanya dan membandingkan biaya kuliah di kampus – kampus yang masuk dalam daftar prioritas anda. Selain jumlah waktu dan metode pembayaran juga perlu anda ketahui, sebab masing - masing PT memiliki aturan yang berbeda - beda, ada yang menggunakan sistem pembayaran cash di awal semester, ada juga yang pembayarannya dapat dicicil setiap bulan atau periode tertentu. Selain itu memutuskan untuk kuliah keluar kota atau daerah anda juga perlu dipertimbangkan karena kuliah di luar daerah membutuhkan biaya – biaya tambahan terutama biaya akomodasi dan trasportasi disana.

5.Carilah Perguruan Tinggi yang berkualitas

Setelah anda mengidentifikasi semua sumber daya yang anda miliki, saatnya anda mulai mempertimbangkan dan mempelajari kualitas PT yang menjadi incaran anda karena ini juga merupakan kunci kesuksesan, terutama bagi yang memiliki tujuan kuliah untuk mendapatkan pekerjaan. Bagaimana mungkin ?. Dapat dianalogikan, PT yang memiliki prestasi membanggakan dan dan merupakan Perguruan Tinggi Favorit Indonesia akan lebih populer daripada yang lainnya. Hal ini termasuk juga keputusan anda dalam memilih akan kuliah pada perguruan tinggi negeri atau swasta, tidak selamanya kuliah di kampus negeri lebih baik daripada kampus swasta, tercatat beberapa kampus swasta punya grade baik dan sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, sebut saja sebagai contoh kalau di jawa tengah ada Unissula ( Universitas Islam Sultan Agung ) kemudian Di Jogjakarta kita tentu tak asing lagi dengan UII (Universitas Islam Indonesia )
.

Kepopuleran dalam arti yang baik ini akan menimbulkan perasaan bangga bagi semua mahasiswa yang kuliah disana. Kebanggaan itu ditunjukan dengan sikap semangat dan percaya diri mahasiswa dan lulusannya untuk bersaing dengan mahasiswa atau lulusan PT yang lainnya. Pada umumnya mahasiswa yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi akan lebih cepat sukses bersaing di dunia kerja. Selain itu kepopuleran sebuah kampus akan berdampak bagi lulusannya, kondisi saat terlihat ini tidak jarang lulusan PT yang populer karena prestasi dan kualitas mahasiswanya menjadi prioritas dalam perekrutan tenaga kerja. Perusahaan – perusahaan bahkan berlomba – lomba mendatangi kampus – kampus ini untuk mendapatkan calon tenaga kerja di perusahaannya. Singkat kata prestasi meningkatkan kepopuleran dan menjadikannya sebuah kebanggaan. Kebanggaan akan menimbulkan rasa semangat dan percaya diri yang tinggi yang pada akhirnya akan membawa ke sebuah kesuksesan.

6.Pertimbangkan Kualitas dan kuantitas tenaga pengajar

Bagi eks putih abu – abu, mungkin akan sulit untuk mengetahui kualitas dosen sebuah kampus, oleh karena itu diperluakan referensi – referensi untuk mengetahui hal ini. Bertanya kepada mahasiswa disana merupakan cara yang cukup efektif meskipun kadang – kadang penilaiannya subjektif, pastikan kampus – kampus tersebut memiliki tenaga pengajar yang handal. Jangan terkecoh, terkadang didalam PT yang berkelas sekalipun terdapat dosen yang maaf suka “ngelantur”ketika mengajar, artinya dosen tersebut tidak memiliki kecakapan dalam mengajar. Jumlah Guru besar atau dosen ahli serta rasionya dengan jumlah mahasiswa juga perlu dipertimbangkan, kampus yang memiliki banyak guru besar bisa dipastikan kampus tersebut lebih berkelas jika dibandingkan kampus lainnya sebab akan banyak ilmu yang bisa digali disana.

Akhirnya apapun jurusan studi dan dimanapun perguruan tinggi yang menjadi pilihan anda, semua tergantung kepada anda sendiri. Karena faktor dalam dirilah yang akan menentukan keberhasilan anda. Tidak selamanya mahasiswa yang kuliah di kota pinggiran tidak lebih sukses daripada mahasiswa high class di kota – kota besar. Jadi semua tergantung usaha dan kemauan anda. Selamat berburu jaket almamater sobat dan jangan lupa dukung artikel ini agar menang pada ( Lomba Blog UII ) ( lumayan kalau menang bisa dapat netbook, jadi bisa posting blog kapan dan dimanapun ^_^ hehe ).

*diolah dari berbagi sumber

5 komentar:

Anonim mengatakan...

nice info....

Anonim mengatakan...

aw aw dapat ipod yah...whwhwhwhwhwh....infone menarik mas..tapi tambah mas nama kampus se.....kampusku piye..hehehe

Anonim mengatakan...

atasku kampus e opo...request promosi IAIN dunk..hehehe

pur mengatakan...

uii di jogja to..wah ono bocahku nang kono bro...hahahahaha

www.aderafiansyah.com mengatakan...

oalah lah..... mas pur jauh bgt anaknya ( baca:bocah) disana..haha Piss ...?!?!?

@ anonim: ya sebutin aja nama kampusnya kan otomatis muncul diats hehe

Poskan Komentar

silahkan tinggalkan komentar anda pada artikel dan web ini,kami sangat menghargai jika anda menggunakan bahasa yang baik dan santun.....

Terimakasih atas kunjungannya ke blog ini, penting !!! , artikel - artikel keilmuan TI di dalam blog ini sebagian besar berasal dari diktat-diktat kuliah saya, saya berupaya mencantumkan sumber dari setiap artikel TI yang dimuat, mohon kerjasamanya dengan meninggalkan komentar jika menemukan artikel yang "textbook" alias "copas" yang tidak tertulis sumbernya ya .
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons