Kopi Nusantara

Kopi Termahal Di Dunia Berasal Dari Indonesia

Berbicara mengenai kopi, mungkin anda akan sedikit membayangkan nikmatnya sensasi menyeruput si hitam pekat ini sambil membaca koran dan bersantai dihalaman atau teras rumah anda. Selain disajikan di warung-warung angkringan di pinggir jalan, kopi juga bukan hal yang asing lagi dikalangan kaum jet set. Hal ini bisa terlihat dengan munculnya beberapa cafe yang khusus menyediakan minuman ini atau biasa disebut coffeshop. Selain itu kopi juga sudah dapat kita nikmati secara swalayan melalui mesin – mesin penyedia kopi dibeberapa tempat umum. Hal ini menunjukkan betapa populernya minuman yang konon dapat menghilangkan kantuk ini dikalangan masyarakat kita.

Rasanya tidak lengkap jika berbicara kopi, tanpa membicarakan kopi kampiun khas Indonesia. Apa lagi kalau bukan Kopi Luwak, ya kopi yang berasal dari kotoran hewan luwak. Kopi ini sudah terkenal sejak pembukaan perkebunan kopi besar – besaran pada jaman pemerintahan Hindia Belanda. Kopi ini terkenal karena memiliki cita rasa yang khas. Wajar saja untuk menikmati kopi ini kita harus merogoh kocek yang cukup dalam. Di Pasaran Internasional harga kopi ini berkisar US$ 100 hingga US$ 350 atau Rp 1 juta sampai Rp 3,5 juta per kilogram. Bandingkan dengan harga kopi bermutu tinggi lainnya yang hanya berkisar 75 ribu per kilogram.

Musang Luwak atau Paradoxurus hermaphroditus merupakan hewan nokturnal yang hanya aktif pada malam hari. Hewan ini secara alami hanya memilih dan mengkonsumsi buah kopi yang terbaik. Luwak memiliki pencernaan yang cukup unik, yakni hanya mencerna daging buah kopi. Biji kopi tidak ikut tercerna. Selama berada di dalam perut luwak, biji-biji kopi difermentasi dan bercampur dengan sejumlah enzim dalam usus. Sekitar 12 jam setelah ditelan, biji-biji kopi dikeluarkan kembali.

Pasar terbuka lebar untuk produk unggulan ini, saat ini kopi luwak hanya beredar sekitar 500 kg di pasar internasional setiap tahunnya. Penangkaran luwak menjadi solusi untuk memenuhi permintaan tersebut, Bagaimana apakah anda tertarik untuk menangkar hewan “ajaib “ ini ?

Ditulis dalam rangka menyemarakkan Semarang Bajir Kuliner Blog Fest 09

gambar diambil dari http://qiraati.wordpress.com/2009/12/11/se-kopi-asin/

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan tinggalkan komentar anda pada artikel dan web ini,kami sangat menghargai jika anda menggunakan bahasa yang baik dan santun.....

Terimakasih atas kunjungannya ke blog ini, penting !!! , artikel - artikel keilmuan TI di dalam blog ini sebagian besar berasal dari diktat-diktat kuliah saya, saya berupaya mencantumkan sumber dari setiap artikel TI yang dimuat, mohon kerjasamanya dengan meninggalkan komentar jika menemukan artikel yang "textbook" alias "copas" yang tidak tertulis sumbernya ya .
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons