SARJANA, MANUSIA TERBAIK




 Rasulullah berkata bahwa manusia terbaik adalah manusia yang berguna bagi orang lain. Untuk menjadi orang yang berguna bagi orang lain maka perlu kelebihan, salah satunya ialah ilmu. Ilmu dapat diperoleh melalui studi formal maupun pengalaman – pengalaman informal.

Sarjana sebagai manusia berilmu adalah salah satu contoh manusia yang memiliki peluang untuk berguna bagi manusia lainya. Dengan ilmu yang dimilikinya idealnya seorang sarjana haruslah merupakan problem solver bagi masyarakat di sekitarnya. Untuk menjadi seorang problem solver maka seminim – minimnya modal ialah perasaan untuk mementingkan kepentingan orang banyak dibandingkan dengan kepentingan pribadi. Jiwa social yang tinggi akan menjadi modal dasar bagi seorang sarjana untuk mau berupaya dengan ilmu dan pengalamannnya mencari solusi – solusi dan memimpin gerakan – gerakan inovasi dalam upaya memecahkan permasalah yang dihadapai masyarakat.

Semu dan distorsi idealism yang terjadi menunjukkan kepada kita kenyataan – kenyataan bahwa semakin banyak sarjana yang hanya memikirkan bagaimana memiliki hal – hal yang bersifat kebendaan dikala mereka lulus dari institusi pendidikan. Antrian panjang pelamar kerja mengalahkan peluh kesah para petani yang berharap sarjana pertanian menyelesaikan masalah mereka, peluh kesah para nelayan yang berharap sarjana perikanan menciptakan pola penangkapan ikan terbaik, peluh kesah wanita – wanita muda yang akan menjadi TKW yang berharap kepada para sarjana ekonomi, manajemen  mengajari mereka bagaimana membuat produk kreatif, bagaimana berdagang, bagaimana mengatur keuangan dan sebagainya. Peluh kesah pebisnis kecil yang menantikan sarjana teknik industry hadir mengajarkan mereka PPIC, QC, efisiensi dan efektifitas produksi .
Sarjana, tidakkah kita tertarik membuktikan perkataan rasulullah ?
"Orang yang paling dicintai Allah adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain..." [HR. Thabrani dalam Mu'jam Al-Kabir li Ath-Thabrani juz 11 hlm.84]
Jika Allah mencintai kita, apakah masih ada ketakutan akan kekurangan harta, kesempitan masa…?? Padahal hanya Allah-lah yang memberikan itu semua kepada kita semua.

Menjadi bermanfaat tidak selalu harus menjadi pengusaha, tidak selalu salah menjadi pegawai, yang harus kita lakukan adalah berbuat sebanyak mungkin untuk kebaikan orang lain.

Semoga Allah memudahkan kita na sarjana… salam unity !?




Semoga bermanfaat, budayakan silaturahmi dengan meninggalkan komentar anda

source gambar : http://sandioctas11u.student.ipb.ac.id/files/2012/09/pertanian.jpg

2 komentar:

Anonim mengatakan...

mantap !!!

IBU.SUMIASIH mengatakan...

Saya mau mengucapkan terima ksih g tidak terhingga, serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya kepada AKI JEYAPATI , saya sudah kerja sebagai TKI selama 5 tahun di singapore, dengan gaji lebih kurang 2.5jt/bln, tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, apalagi setiap bulan harus mengirim ortu di jawa, sudah lama saya mengetahui roomnya AKI ini, juga sudah lama mendengar nama besar aki, tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu percaya dengan hal ghoib, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng Saja.
tetapi kemarin waktu pengeluaran 8924 , saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan, angka yg diberi aki 8924 ternyata tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di singapore, tidak ada ongkos pulang, terus beliau bantu kasih angka 8924 setelah saya bantu mahar 8 juta.mulanya saya tdk percaya,mana mungkin angka ini keluar, tapidengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan januari, ternyata meledak….!!!
dapat BLT 750jt, sekali lagi terima kasih banyak AKI JEYAPATI, saya sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang aja ke sukabumi.buat aki,saya tidak akan lupa bantuan& budi baik aki.HUBUNGI AKI JEYAPTI DI NO INI 0852-4228-0055. KLIK TOGEL 2D 3D 4D 6D DISINI

Poskan Komentar

silahkan tinggalkan komentar anda pada artikel dan web ini,kami sangat menghargai jika anda menggunakan bahasa yang baik dan santun.....

Terimakasih atas kunjungannya ke blog ini, penting !!! , artikel - artikel keilmuan TI di dalam blog ini sebagian besar berasal dari diktat-diktat kuliah saya, saya berupaya mencantumkan sumber dari setiap artikel TI yang dimuat, mohon kerjasamanya dengan meninggalkan komentar jika menemukan artikel yang "textbook" alias "copas" yang tidak tertulis sumbernya ya .
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons