MEMBUAT POWERPOINT MENARIK


Powerpoint merupakan aplikasi computer yang memudahkan para presenter untuk menyampaikan gagasan – gagasan, atau hal – hal tertentu. Selayaknya alat bantu, powerpoint hanya sedikit mengambil peran dalam sebuah presentasi, sebaliknya presenterlah yang berperan besar untuk menghidupkan suasana dan memastikan seluruh audience dapat mengerti apa yang disampaikannya tanpa merasa jenuh
Namun dalam perkembangannya, banyak presenter yang justru salah kaprah dan kurang tepat dalam memanfaatkan aplikasi ini, berikut ini beberapa tips mengoptimalkan penggunaan aplikasi powerpoint : 

#1. Powerpoint dijabarkan, bukan dibaca !!!




Perhatikan slide powerpoint diatas, kan gak lucu kalau ada yang bilang " kalau sudah tertulis lengkap di slide ngapain harus dibaca lagi ? " . yup, slide powerpoint sebaiknya tidak berisi kalimat- kalimat panjang seperti itu, hal ini hanya akan membawa keburukan bagi si presenter, karena dia akan terpancing untuk membaca slide tanpa banyak menjabarkan maksud dan tujuan dari kalimat – kalimat tersebut. Slide seperti itu tidak akan membawa keuntungan apa – apa selain menunjukkan si presenter yang kurang pandai menyampaikan ide – ide secara verbal. Selain itu slide yang berisi tulisan yang banyak akan sangat membosankan bagi audience, apalagi jumlah slide berpuluh – puluh banyaknya.



 

Silde power point sebaiknya hanya berisi kata – kata kunci dari sebuah gagasan kalimat, sehingga presenter akan menghindari dirinya dari membaca teks slide, namun lebih mengekplore kata – kata kunci tersebut menjadi kalimat – kalimat presentasi yang menarik. Hal ini akan mendukung penampilan presenter dan menciptakan nilai presentasi yang baik di mata audience. Bagi audience melihat slide dengan kata – kata kunci akan cukup memancing rasa penasaran dan menjadikan suasana tidak jenuh.

 

#2. Gunakan gambar – gambar yang menarik

Kita mengiyakan bahwa sebuah gambar dapat berbicara lebih banyak tentang sesuatu, daripada kita menuliskan panjang lebar diskripsi benda tersebut. Daripada menuliskan panjang lebar tentang buah apple yang berwarna hijau, berbentuk bulat, kapan pertama kali ditanama,  lebih baik menampilkan gambar buah apple berwarna merah,hijau selanjutnya kita bebas menjelaskan segala sesuatunya.
 Keuntungan lainnya ialah akan dapat membuang rasa jenuh audience, gunakan gambar – gambar yang berpesan humor untuk memancing tawa dan senyum audience. Namun ingat selalu gunakan gambar sesuai dengan jenis dan karakter audience anda, hindari gambar yang melanggar norma – norma tertentu. 

 membuatnya lebih simple ........



 Gambar : http://crazy-frankenstein.com/free-wallpapers-files/food/apple-wallpapers/buch-of-apples-wallpapers-1024x768.jpg


 

#3. Hindari Animasi pada tulisan
Dengan bermaksud mempercantik presentasi, beberapa dari kita menambahkan animasi pada teks teks powerpoint seperti tulisan yang mendayu-dayu bagai ombak :P , sebaiknya hindari animasi seperti itu ataupun kalau memang harus gunakan animasi dengan setingan timing yang paling cepat " fastest" . hal ini berguna untuk menghindari adanya jeda waktu dari satu point ke point lainnya dalam presentasi, kadangkala juga si presenter sambil menjelaskan sesuatu namun teks yang telihat tidak singkron dengan apa yang dijelaskannya karena adanya animasi pada teks/slide tersebut. Tidak menarik untuk dilihat bukan ?

 

#4. Konsisten dalam warna & teks
Satu tips yang menarik bagi para presenter yaitu membuat slide yang konsisten dari awal hingga akhir. Anda pasti tau setiap handphone memiliki fitur pengatur theme atau tema tampilan, setiap menu – menu handphone yang kita buka akan menampilkan teks dan warna yang hampir seragam satu dengan yang lainnya, sangat menarik. Begitupula dengan slide presentasi, sebaiknya juga menampilkan jenis font dan warna yang seragam dan berkaitan dari awal hingga akhir. Hal ini bertujuan untuk menciptakan karakter dari powerpoint yang sedang anda jabarkan, powerpoint yang konsisten lebih enak dipandang jika dibandingkan dengan powerpoint yang berantakan dari satu slide ke slide lainnya. Dibawah ini adalah contoh tema – tema slide presentasi powerpoint.



Gambar : http://www.ppt-vorlagen.de.server836-han.de-nserver.de/PresentationPoint/img/oview_powerpoint_template.jpg


 

Berikut ini video presentasi terbaik menurut ane dalam dunia " presentasi " :D, simple, menarik dan tidak membosankan. perfecto..!? presentasi ala Steve Jobs...



Dan yang ini adalah powerpoint saya waktu sidang skripsi, dan alhamdulillah mendapat apresiasi dari penguji, walau jumlahlah ada 40 slide, alhamdulillah 15 menit jatah waktu cukup untuk menjelaskannya :)



okey, sekian dulu tips dan trik powerpoint, semoga bermanfaat buat semuanya. salam unity !?

3 komentar:

Anonim mengatakan...

makacih mas tipsnya
keren keren !

IBU.SUMIASIH mengatakan...

Saya mau mengucapkan terima ksih g tidak terhingga, serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya kepada AKI JEYAPATI , saya sudah kerja sebagai TKI selama 5 tahun di singapore, dengan gaji lebih kurang 2.5jt/bln, tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, apalagi setiap bulan harus mengirim ortu di jawa, sudah lama saya mengetahui roomnya AKI ini, juga sudah lama mendengar nama besar aki, tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu percaya dengan hal ghoib, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng Saja.
tetapi kemarin waktu pengeluaran 8924 , saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan, angka yg diberi aki 8924 ternyata tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di singapore, tidak ada ongkos pulang, terus beliau bantu kasih angka 8924 setelah saya bantu mahar 8 juta.mulanya saya tdk percaya,mana mungkin angka ini keluar, tapidengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan januari, ternyata meledak….!!!
dapat BLT 750jt, sekali lagi terima kasih banyak AKI JEYAPATI, saya sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang aja ke sukabumi.buat aki,saya tidak akan lupa bantuan& budi baik aki.HUBUNGI AKI JEYAPTI DI NO INI 0852-4228-0055. KLIK TOGEL 2D 3D 4D 6D DISINI

pak slemett mengatakan...

Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'

Poskan Komentar

silahkan tinggalkan komentar anda pada artikel dan web ini,kami sangat menghargai jika anda menggunakan bahasa yang baik dan santun.....

Terimakasih atas kunjungannya ke blog ini, penting !!! , artikel - artikel keilmuan TI di dalam blog ini sebagian besar berasal dari diktat-diktat kuliah saya, saya berupaya mencantumkan sumber dari setiap artikel TI yang dimuat, mohon kerjasamanya dengan meninggalkan komentar jika menemukan artikel yang "textbook" alias "copas" yang tidak tertulis sumbernya ya .
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons