think of industrial engineering, it's all about industrial engineering

Engineering Tools

SARJANA, MANUSIA TERBAIK





 Rasulullah berkata bahwa manusia terbaik adalah manusia yang berguna bagi orang lain. Untuk menjadi orang yang berguna bagi orang lain maka perlu kelebihan, salah satunya ialah ilmu. Ilmu dapat diperoleh melalui studi formal maupun pengalaman – pengalaman informal.

Sarjana sebagai manusia berilmu adalah salah satu contoh manusia yang memiliki peluang untuk berguna bagi manusia lainya. Dengan ilmu yang dimilikinya idealnya seorang sarjana haruslah merupakan problem solver bagi masyarakat di sekitarnya. Untuk menjadi seorang problem solver maka seminim – minimnya modal ialah perasaan untuk mementingkan kepentingan orang banyak dibandingkan dengan kepentingan pribadi. Jiwa social yang tinggi akan menjadi modal dasar bagi seorang sarjana untuk mau berupaya dengan ilmu dan pengalamannnya mencari solusi – solusi dan memimpin gerakan – gerakan inovasi dalam upaya memecahkan permasalah yang dihadapai masyarakat.

Semu dan distorsi idealism yang terjadi menunjukkan kepada kita kenyataan – kenyataan bahwa semakin banyak sarjana yang hanya memikirkan bagaimana memiliki hal – hal yang bersifat kebendaan dikala mereka lulus dari institusi pendidikan. Antrian panjang pelamar kerja mengalahkan peluh kesah para petani yang berharap sarjana pertanian menyelesaikan masalah mereka, peluh kesah para nelayan yang berharap sarjana perikanan menciptakan pola penangkapan ikan terbaik, peluh kesah wanita – wanita muda yang akan menjadi TKW yang berharap kepada para sarjana ekonomi, manajemen  mengajari mereka bagaimana membuat produk kreatif, bagaimana berdagang, bagaimana mengatur keuangan dan sebagainya. Peluh kesah pebisnis kecil yang menantikan sarjana teknik industry hadir mengajarkan mereka PPIC, QC, efisiensi dan efektifitas produksi .
Sarjana, tidakkah kita tertarik membuktikan perkataan rasulullah ?
"Orang yang paling dicintai Allah adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain..." [HR. Thabrani dalam Mu'jam Al-Kabir li Ath-Thabrani juz 11 hlm.84]
Jika Allah mencintai kita, apakah masih ada ketakutan akan kekurangan harta, kesempitan masa…?? Padahal hanya Allah-lah yang memberikan itu semua kepada kita semua.

Menjadi bermanfaat tidak selalu harus menjadi pengusaha, tidak selalu salah menjadi pegawai, yang harus kita lakukan adalah berbuat sebanyak mungkin untuk kebaikan orang lain.

Semoga Allah memudahkan kita na sarjana… salam unity !?




Semoga bermanfaat, budayakan silaturahmi dengan meninggalkan komentar anda

source gambar : http://sandioctas11u.student.ipb.ac.id/files/2012/09/pertanian.jpg

2 komentar:

  1. saya atas nama BPK. SAMSUL dari MADURA ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARYO,kalau bukan karna bantuannya munkin sekaran saya sudah terlantar dan tidak pernaah terpikirkan oleh saya kalau saya sdh bisa sesukses ini dan saya tdk menyanka klau MBAH KARYO bisa sehebat ini menembuskan semua no,,jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARYO no ini 082301536999 saya yakin anda tdk akan pernah menyesal klau sudah berhubungan dgn MBAH KARYO dan jgn percaya klau ada yg menggunakan pesan ini klau bukan nama BPK. SAMSUL dan bukan nama MBAH KARYO krna itu cuma palsu.m

    BalasHapus

silahkan tinggalkan komentar anda pada artikel dan web ini,kami sangat menghargai jika anda menggunakan bahasa yang baik dan santun.....