think of industrial engineering, it's all about industrial engineering

Engineering Tools

PENGERTIAN MANAJEMEN STRATEGI


Pengertian Manajemen strategi ( strategic management ) menurut Jauch adalah sejumlah keputusan dan tindakan yang mengarah pada penyusunan suatu strategi atau sejumlah strategi yang efektif untuk membantu mencapai sasaran perusahaan. Proses manajemen strategis ialah cara dengan jalan mana para perencana strategi menentukan sasaran dan mengambil.

Manajemen strategi juga disebut sebagai suatu proses. Proses adalah arus informasi melalui beberapa tahap analisis yang saling terkait menuju pencapaian suatu tujuan atau cita-cita. Dalam proses manajemen strategi arus informasi mencakup data historis, data saat ini, dan data ramalan tentang operasi dan lingkungan bisnis. Tujuan dari proses manajemen strategi ini adalah formulasi dan implementasi strategi yang bekerja kearah pencapaian misi jangka panjang dan sasaran jangka pendek perusahaan.

 

           
Menurut David ( 2006 ) proses manajemen strategis dapat diuraikan sebagai pendekatan yang obyektif, logis, sistematis untuk membuat keputusan besar dalam suatu organisasi. Proses ini berusaha untuk mengorganisasikan informasi kualitatif dan kuantitatif dengan cara yang memungkinkan keputusan efektif diambil dalam kondisi yang tidak menentu. Sedangkan menurut prosesnya, manajemen strategis terdiri dari tiga tahap: perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi.
Memandang manajemen strategik sebagai suatu proses mempunyai beberapa akibat antara lain:
  1. Perubahan salah satu komponen akan mempengaruhi beberapa atau seluruh komponen lainnya.
  2. Proses pembuatan penerapan dan evaluasi strategi merupakan suatu proses yang berurutan.
  3. Perlunya membuat umpan balik setiap awal tahun proses.
  4. Sistem manajemen strategi merupakan suatu sistem yang dinamis dimana kondisi dan situasi yang secara berkala akan mempengaruhi hubungan antar aktivitas dalam manajemen strategi.
gambar :  http://www.tjohncollege.com/img/chess.jpg 

Sumber : Naskah TA ane :)

6 komentar:

  1. makasih gan buat infonya dan salam kenal

    BalasHapus
  2. makasih bos infonya dan salam sukses

    BalasHapus
  3. terimakasih gan tentang infonya dan salam bermanfaat

    BalasHapus
  4. saya atas nama BPK. SAMSUL dari MADURA ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARYO,kalau bukan karna bantuannya munkin sekaran saya sudah terlantar dan tidak pernaah terpikirkan oleh saya kalau saya sdh bisa sesukses ini dan saya tdk menyanka klau MBAH KARYO bisa sehebat ini menembuskan semua no,,jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARYO no ini 082301536999 saya yakin anda tdk akan pernah menyesal klau sudah berhubungan dgn MBAH KARYO dan jgn percaya klau ada yg menggunakan pesan ini klau bukan nama BPK. SAMSUL dan bukan nama MBAH KARYO krna itu cuma palsu.m

    BalasHapus

silahkan tinggalkan komentar anda pada artikel dan web ini,kami sangat menghargai jika anda menggunakan bahasa yang baik dan santun.....