think of industrial engineering, it's all about industrial engineering

Engineering Tools

BELAJAR JADI SALES


ENTREPRENEUR SALESPERSON

( CARA BARU JADI PENGUSAHA + KARYAWAN )

Assalamu’alaikum wr wb

Hai kawan, lama tidak bertukar pemikiran diblog “copy paste”ku ini… hehe

Mungkin lebih dari 1 tahun saya tidak menyambangi tempat ini, biasanya sich waktu masih aktif kuliah sering ta update sekedar untuk materi kuliah anak-anak industri di FTI sono.

Oke baiklah lupakan hal itu, karena kali ini dan insya Allah seterusnya saya akan bercerita tentang pengalaman saya belajar menjadi seorang marketer handal, ya kira-kira bisa selevel sama Christopher Gardner dalam film The Pursuit Of Happyness dech.. ( ngarep.com ) hehe….

Lha trus apa hubungannya teknik industri ama profesi pemasaran yak ? :D , ya pasti dikau sudah paham teman, pemasaran juga bagian dari ilmu yg kita pelajari di teknik industri bukan ? lagian saya pernah dapat kabar kalau salah-satu alumni kita di TI ada yang jadi Manager Pemasaran di BUMN yang dagang minyak itu, nah makanya saya merasa bahwa saya tidak sedang salah jurusan saat ini ( berbau HOAX.. hehe ). Saya iseng memilih profesi ini sementara waktu sambil menunggu TA kelar dan kuliah selesai, hehe, semoga aja dengan doa dari dikau kawan jalan yang kupilih ini tidaklah salah dan bisa mengantarkanku menjadi insan Allah yang tangguh dalam hidup, amieeeeeeeen.. :D

sebenarnya saya gak begitu asing sama profesi yang satu ini, karena memang hari-hari biasanya saya selalu berdagang sekedar untuk membiayai hidup yang semakin sulit ini ( halah lebay.. :P ), hanya saja kali ini saya anggap lebih serius, sebab saya punya keterikatan sebagai karyawan di kantor ini, oh ya saya lebih suka menyebut pekerjaan ini sebagai Entrepreneur Salesperson ( sok gaya dikit.. hihi ), dengan begini saya bisa berperan sebagai karyawan kantoran sekaligus orang lapangan, #1 : datang jam 8 pulang jam 4 sore, duduk manis didepan computer dan sesekali bergosip.. hahaha….yang #2 : saya lebih suka yang ini, datang ngisi absent jam 8, bikin marketing plan, kira-kira sejam kemudian Turlap alias turun lapangan ! :p, kemudian memualai petualangan… prospek prospek prospek…lobbying.. service.. janjian ama tukang sate ampe CEO..evaluasi dan atasi masalah ampe selesai, kira-kira jam 4 baru balik kantor lagi sekedar menyerahkan hasil kerja dan setor muka sama si bos ( biar dikata rajin gitu dech,maklum anak baru.. hahaha ) . ngobrol sebentar ama teman-teman kantor dan marketing lainnya, saling bertukar pengalaman hari itu, trus cabut dah..!!, ya begitulah Entrepreneur Salesperson bekerja sebagai orang gajian dengan waktu yang tidak terpancang dan gaji yang no limit pastinya.

Saya suka pekerjaan ini, walau disana banyak orang yang alergi dengan kata salesman. Ada image negative tentang dunia ini akibat ulah banyak marketing yang tidak menggunakan kaidah-kaidah ilmu marketing yang tepat dalam bekerja, asal jualan laris ya udah..!! memaksa konsumen membeli, menipu konsumen dan sebagainya dan sebagainya, belum lagi image bahwa pekerjaan ini adalah pekerjaan kelas rendahan, kerjaan orang yang tidak berpendidikan tinggi yang kadang menyebabkan marketing baru merasa minder dengan pekerjaannya, akibatnya target penjualan tidak terpenuhi, klo udah gitu gaji minim jadinya. Padahal u know lah kawan, untuk menjadi sukses dalam sebuah pekerjaan maka hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencintai dan mengenal baik pekerjaan kita bukan ?, gimana mau sukses jualan klo mau jualan aja malu, males dan sebagainya,padahal ya di kata orang di forum sana, Singapura itu bisa maju karena aktivitas perdagangannya yang luar biasa, klo ada aktivitas dagang ya so pasti aja salespersonya lah. Yah pokoknya dialinea ini saya hanya ingin bercerita tentang dunia gelap profesi ini, ada banyak sebenarnya dimana gak enaknya jadi sales.

Jadi intinya saya ingin bercerita bahwa pekerjaan ini full tantangan !! baik dari dalam maupun dari luar diri kita, untuk itu saya akan berbagi dengan teman-teman semua, harapannya ya gak ada selain semoga apa yang saya tulis berguna dan dapat menginspirasi teman-teman semua, life’s beautifull when shared,right ? . Bagi saya dengan begini saya bisa menghargai pekerjaan saya ini, saya bisa selalu mengingat bahwa saya adalah pembelajar yang harus bekerja dengan ilmu, saya bukanlah sales karbitan hasil diklat singkat perusahaan. Saya harus menulis pengalaman saya dan memadupadankan dengan ilmu pemsaran yang diajarkan Bu Eli sang dosen pemasaran di kampus, Jadi saya harus semangat bekerja dan belajar,ngumpulin receh sebanyak-banyaknya buat bayar utang..!!! hahahaha…………

Oke baiklah teman, kita mulai ya kelasnya, duduk yang rapi, yang pake kaos oblong dan sandal jepit silahkan keluar kelas…!!?? Hehe.. dikata kuliah ya…

PENGALAMAN #1 : MELAMAR PEKERJAAN, INTERVIEW DAN TRAINING

( tau opening text serial kartun DORAEMON kan ? ya kira-kira bacanya kyak gitu ya… )

Yup, gak capek baca kan sampai disini ? hehe…

Diawal bulan mei lalu, aku duduk termenung seorang diri sambil berfikir tentang bisnis kecil-kecilanku yang tak kunjung mendapat untung karena siklus perputaran keuangannya yang relative lama, padahal ada sejumlah tanggungan keuangan yang harus dibayar secara rutin.akibatnya terancam tutup lapak..!

Tiba-tiba seorang kawan datang bertamu kerumah, duduk nonton tv bareng-bareng seperti biasanya, cuman kali ini ada yang aneh, dia datang dengan penampilan yang lusuh,nampaknya habis bepergian nih kawan, sesekali menerima telepon entah dari siapa, sibuk sms an entah dengan siapa pula, ta perhatiin nada biacaranya kyak CS- CS di Bank gitu dech..kira-kira begini, “ Iya benar ibu, selamat malam ibu, ada yang bisa saya Bantu.. ? ..bla..blaa….”. kupikir anak ini udah kerja di bank beneran,abis nada bicaranya kyak Custumer Service gitu dech.. kupikir hebat..!! saatnya minta jatah makan..!! haha…

Tapi kalau dilihat dari penampilan kyaknya gak juga, pakaian lusuh, pake celana jeans pula.. ah masak kantoran pake celana jeans pikirku. Karena aku penasaran, ya ta Tanya to.. usut- usut punya usut ternyata kawanku ini adalah jreng jreng….SALESMAN…!! hehe.

Mulailah ngobrol ngalor ngidul, kesana kemari tentang pekerjaannya, ya bisa ditebak tertariklah si tampan ini :P, Tanya langsung “ ada lowongan lagi gak, tapi aku lum lulus tuch ? “, gayungpun bersambut “ bikin aja surat lamaran, besok ta bawa ke kantor, pake aja ijazah yang ada dulu “ jawabnya.

Singkat kata selang 10 hari kemudian… terbitlah surat lamaranku yang pertama dalam 3 tahun terakhir ini.. hehe. Dibawa pagi, sore dah ditelp dari kantor untuk undangan interview keesokan harinya.

Hari interviewpun tiba, gak ada yang special disini kecuali sebisa mungkin aku “jual diri” dengan penawaran terbaik tentunya.. haha… bercanda guys, jual diri maksudnya ya promosi diri sendiri, lagian kalo jual dalam arti sebenarnya kira-kira harga pria setampan aku ini berapa ya..?? haha…. Hush off the record..!! bek tu leptop..!!

Akhir kata diterimalah aku sebagai karyawan di perusahaan pembiayaan itu sebagai Area Sales Manager eh salah Area Sales Officer…!! Hehe. Ditempatkan di Divisi pembiayaan kredit barang kebutuhan rumah tangga, kira-kira job desc nya sederhana, hanya memfollow up calon customer yang membutuhkan alat-alat rumah tangga,elektronik, gadget dsb dengan system pembayaran kredit, lebih sederhana aku bilang ini pekerjaan kayak makelar gitu dech. Mulailah aku diperkenalkan sama teman-teman di divisi itu, mulai dari yang cewek ; ada mbak desi,ada mbak tri,ada mbak memey, ada mbak yuni, ada mbak yani, mbak susi,palking baik dan ramah mbak putrid CS didepan pintu :P..hehe…. Kalo yang cowok-cowok aku lupa tuch nama-namanya….. hahaha wkwkwkkw….

Oke baiklah, akhirnya sampailah pada satu kesimpulan “ PERBANYAKLAH TEMAN, SEBAB TERKADANG SEBAGIAN BESAR INFO LOWONGAN DAN ATAU PEKERJAAN DATANG DARI MEREKA “ sangat recommended untuk adik – adik yang masih kuliah, bergaulah ! jangan kuper jangan egois jangan itu dan jangan ini, teman banyak rezeki banyak tentunya..!! Sudah kubuktikan berkali-kali sebenarnya………

Yup, buat adik-adik kelasku ini hanya sekedar cerita saja, gak banyak memang yang bisa dipetik soalnya aku juga belum bnyak menanamm pengalaman, yang jelas apa yang bisa kamu petik simpanlah mungkin suatu saat kamu bisa gunakan sebagai bekal ketika menemui hal yang sama dengan aku. ( injiiihh mbah.... :p )

Buat Plutoku, sorry ya rada sibuk sekarang, diawal-awal ini aku harus concern dulu, cari kesibukan sendiri dulu ya, kalo sudah agak jalan pasti semua akan normal kembali. Okay..

Oke sekian dulu kawan suratku ini ( halaah… :p ) besok kita sambung lagi ya tentang TIPS dan TRIK BERGAUL DENGAN TEMAN KERJA YANG BARU.

Salam dari sahabat penamu di seberang sana…

Ttd

BOLANG

NB : hehehe….





Semoga bermanfaat, budayakan silaturahmi dengan meninggalkan komentar anda

3 komentar:

silahkan tinggalkan komentar anda pada artikel dan web ini,kami sangat menghargai jika anda menggunakan bahasa yang baik dan santun.....